Resep Citra Masakan Dunia

Béchamel

Béchamel: Dasar Saus Putih dalam Masakan Prancis yang Klasik

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa hidangan Prancis begitu lezat dan kaya rasa? Jawabannya ada pada saus putih yang sering digunakan sebagai dasar dalam masakan Prancis: Béchamel. Béchamel adalah saus putih klasik yang memberikan rasa yang lezat pada hidangan favoritmu.

Di artikel ini, kita akan membahas apa itu Béchamel, cara membuatnya, dan mengapa saus putih klasik ini merupakan dasar yang penting dalam masakan Prancis. Yuk, temukan segala hal tentang Béchamel bersama kami!

Apa itu Béchamel?

Béchamel adalah salah satu jenis saus putih klasik yang sering digunakan sebagai dasar dalam banyak hidangan Prancis yang lezat dan kaya rasa. Saus putih ini biasanya terdiri dari mentega, tepung terigu, dan susu. Teksturnya yang kental dan lembut serta rasa susu yang gurih menjadikan Béchamel pilihan yang tepat untuk menyempurnakan hidangan masakan Prancis.

Saus putih Béchamel sering digunakan sebagai dasar dalam masa penggorengan atau gratin, seperti dalam hidangan klasik seperti lasagna, gratin dauphinois, dan quiche. Kandungan tepung terigu dalam Béchamel dapat membantu menyebarkan panas secara merata, sehingga mencegah timbulnya gumpalan pada hidangan.

Béchamel saus putih klasik

Pembuatan saus putih Béchamel tergolong mudah dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan sederhana yang tersedia di dapur. Namun, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, diperlukan teknik dan perbandingan bahan yang tepat. Pelajari cara membuat Béchamel yang sempurna pada bagian selanjutnya.

Cara Membuat Béchamel yang Sempurna

Untuk membuat Béchamel, kita memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 100 gram mentega
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1000 ml susu cair dingin
  • Garam dan merica secukupnya
  • Bumbu penyedap (opsional)

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Béchamel:

  1. Lelehkan mentega dalam panci di atas api sedang.
  2. Tambahkan tepung terigu dan aduk rata hingga tercampur sempurna. Aduk terus selama 2-3 menit sampai “aroma tepung” hilang dan adonan terlihat menggumpal.
  3. Tuang susu sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga saus mengental. Setelah itu, tambahkan garam, merica dan bumbu penyedap (opsional) secukupnya.
  4. Aduk terus hingga saus benar-benar matang dan kental. Pastikan tidak sampai menggumpal dan terus aduk agar tidak gosong.
  5. Setelah matang, angkat Béchamel dari panci dan biarkan dingin sebelum digunakan untuk masakan.

Béchamel siap digunakan sebagai dasar untuk membuat berbagai hidangan masakan Prancis yang lezat dan istimewa.

“Béchamel adalah dasar saus putih dalam masakan Prancis yang sangat penting. Ketika dibuat dengan benar, Béchamel bisa menjadi bahan terbaik dalam berbagai hidangan.”

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Béchamel merupakan saus putih klasik yang sering digunakan sebagai dasar dalam masakan Prancis. Saus putih ini sangat penting dalam memberikan rasa yang kaya pada hidangan favorit Anda.

Untuk membuat Béchamel yang sempurna, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan yang digunakan serta teknik-teknik yang penting dalam menghasilkan saus putih yang lezat ini. Namun, dengan sedikit latihan dan kesabaran, Anda dapat menghasilkan saus putih klasik yang lezat ini.

Sekarang Anda telah mempelajari segala hal tentang Béchamel, Anda dapat mempraktekkan cara membuatnya dan menambahkan sentuhan kreatif Anda pada hidangan Prancis favorit Anda. Jangan ragu untuk mencoba dan bereksperimen dengan Béchamel dalam masakan Prancis Anda selanjutnya!

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *