Resep Citra Masakan Dunia

Ossobuco Milanese

Ossobuco Milanese: Resep Tradisional dari Jantung Milano

Salam, saya akan membagikan resep autentik Ossobuco Milanese yang berasal langsung dari kota Milano. Ossobuco Milanese adalah hidangan kuliner Italia yang terkenal karena rasa autentiknya dan menjadi simbol dari kaya akan tradisi makanan di kota ini.

Bagi pecinta kuliner, khususnya masakan Italia, pastinya sudah mengenal hidangan yang satu ini. Dalam artikel ini, saya akan membahas asal usul dan resep autentik Ossobuco Milanese dari Jantung Milano. Mari kita mulai dengan mengenal lebih dalam mengenai hidangan ini.

Asal Usul Ossobuco Milanese

Ossobuco Milanese adalah hidangan yang berasal dari kota Milano, Italia. Kata “Ossobuco” berasal dari bahasa Italia yang berarti “tulang berlubang”. Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi dengan tulang berlubang yang diiris tipis dan dimasak dalam saus tomat dengan bumbu rempah-rempah dan sayuran seperti wortel, bawang, dan seledri.

Sejarah panjang Ossobuco Milanese mendahului era Renaissance dengan dokumen tertulis tertua yang berasal dari abad ke-19. Hidangan ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Milano pada tahun 1800an dan tetap menjadi hidangan khas kota ini hingga sekarang.

Ossobuco Milanese adalah salah satu hidangan terbaik dari kota Milano yang memiliki tradisi kuliner yang kaya dan lezat. Hidangan ini menjadi populer di seluruh Italia dan dunia karena rasa dan aroma yang khas.

Prestasi dalam Sejarah

Ossobuco Milanese telah diakui sebagai hidangan khas dari kota Milano dan telah dihargai oleh cendekiawan kuliner dan penggemar masakan Italia di seluruh dunia. Sejak tahun 2007, Ossobuco Milanese telah mendapatkan pengakuan resmi sebagai salah satu Warisan Masakan Italia oleh pemerintah Italia.

Asal Usul Ossobuco Milanese

Resep Ossobuco Milanese yang Autentik

Untuk dapat membuat Ossobuco Milanese yang autentik, kita memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 4 potong daging sapi dengan ketebalan 1,5 cm dan lebar 5 cm
  • 1 batang seledri, cincang halus
  • 2 buah wortel, kupas dan iris setebal 0,5 cm
  • 1 bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm tomat pasta
  • 250 ml kaldu daging sapi
  • 200 ml anggur putih kering
  • 4 sdm mentega
  • secukupnya minyak zaitun

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan Ossobuco Milanese:

  1. Taburi daging dengan garam dan lada. Lumuri dengan tepung. Panaskan minyak zaitun di dalam wajan dan masak daging hingga kecokelatan di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan.
  2. Cairkan mentega di dalam panci dan tumis seledri, wortel, bawang bombay, dan bawang putih selama sekitar 10 menit. Masukkan tomat pasta dan aduk rata.
  3. Tambahkan daging sapi, kaldu, dan anggur. Tutup panci dan masak selama 1 jam.
  4. Sajikan Ossobuco Milanese hangat dengan nasi dan garnis daun peterseli.

Jangan lupa, untuk mendapatkan rasa yang benar-benar autentik, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas tinggi. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Jadi, demikianlah resep Ossobuco Milanese yang autentik. Dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat, mengikuti langkah-langkah dengan teliti, dan memperhatikan tips yang telah disebutkan, Anda dapat menghasilkan hidangan yang menggugah selera ini di rumah.

Rasa dari hidangan ini sangatlah khas dan dapat mengingatkan kita pada kekayaan tradisi makanan di kota Milano. Meskipun resep ini membutuhkan waktu dan usaha ekstra untuk disiapkan, hasilnya pasti akan sepadan. Jangan ragu untuk mencoba memasak Ossobuco Milanese dengan resep autentik ini dan nikmati cita rasa khasnya di rumah.

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *