Resep Citra Masakan Dunia

Profiteroles

Profiteroles: Kelezatan Krim di Dalam Adonan Soes ala Prancis

Anda pasti tidak asing lagi dengan kue klasik asal Prancis yang satu ini. Ya, Profiteroles menjadi salah satu kue favorit karena lapisan soesnya yang renyah dan isi krim vanilla yang lembut. Kue ini memang terkenal akan rasa yang lezat dan unik.

Profiteroles adalah kue yang terbuat dari adonan soes yang diisi dengan krim vanilla lembut. Kue ini dipanggang hingga lapisan soesnya menjadi renyah dan terlihat menggiurkan. Kelezatan gabungan soes dan krim vanilla dalam setiap gigitannya membuat Profiteroles diminati oleh banyak orang.

Berikut ini, kami akan memberikan informasi tentang asal usul dan sejarah Profiteroles. Kami juga akan membahas resep dan cara membuat Profiteroles di rumah. Pastikan untuk membaca seluruh artikel ini agar kamu dapat membuat Profiteroles yang lezat dengan mudah.

Asal Usul dan Sejarah Profiteroles

Profiteroles, atau dikenal juga dengan nama Cream Puffs, adalah kue klasik Prancis yang terdiri dari lapisan soes yang renyah dan diisi dengan krim vanilla lembut. Namun, tahukah kamu bahwa sejarah Profiteroles telah dimulai sejak abad ke-16?

Menurut sejarah, Profiteroles pertama kali muncul di Prancis pada masa pemerintahan Raja Henry III. Pada saat itu, kue ini masih disebut sebagai “choux” dan hanya diisi dengan es krim. Setelah itu, pada abad ke-17, kue ini mulai diisi dengan krim dan saus coklat.

asal usul Profiteroles

Selama berabad-abad, Profiteroles telah dikenal sebagai salah satu kue klasik Prancis yang terkenal. Kue ini sering disajikan di restoran-restoran mewah dan acara-acara formal, seperti pernikahan dan pesta-pesta lainnya.

Hingga saat ini, kue Profiteroles masih menjadi salah satu kue favorit di Prancis dan juga di seluruh dunia. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu menyukai kue yang satu ini?

Resep dan Cara Membuat Profiteroles

Profiteroles terdiri dari adonan soes yang renyah dan lembut di dalamnya berisi krim vanila yang lembut. Berikut adalah resep dan cara membuat Profiteroles yang nikmat:

  1. Masukkan 100 ml air, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh gula, dan 50 gram mentega ke dalam panci. Panaskan hingga mentega meleleh.
  2. Masukkan 75 gram tepung terigu ke dalam panci dan aduk hingga adonan mengental.
  3. Ambil panci dari api dan masukkan 2 butir telur. Aduk hingga adonan tercampur rata.
  4. Letakkan adonan ke dalam tas plastik segitiga dan semprotkan pada loyang yang sudah diolesi mentega.
  5. Panggang adonan pada suhu 180 derajat Celcius selama 20-30 menit hingga terlihat kecokelatan.
  6. Biarkan soes dingin. Sayat bagian atas soes dengan pisau kecil dan isi bagian dalam soes dengan krim vanila menggunakan tas plastik.

Berikut adalah resep krim vanila:

  1. Masukkan 250 ml susu, 3 kuning telur, 1/2 sendok teh gula, dan 1/2 sendok teh tepung maizena ke dalam panci. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Taruh panci di atas api kecil dan terus aduk hingga mengental. Matikan api dan dinginkan.
  3. Kocok 200 ml whipping cream hingga kaku dan tambahkan campuran vanila ke dalam adonan cream. Aduk hingga rata.

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat Profiteroles dengan soes yang renyah dan krim vanila yang lembut. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang Profiteroles, kue klasik asal Prancis yang terkenal dengan adonan soesnya yang renyah dan isi krim vanillanya yang lembut. Kita telah melihat asal usul dan sejarah dari kue ini, serta bagaimana Profiteroles telah berkembang dan menjadi salah satu kue favorit di seluruh dunia. Selain itu, kita juga telah memberikan resep dan tips untuk membuat Profiteroles yang sempurna di rumah.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Profiteroles memang menjadi kue yang sangat lezat dan menggugah selera. Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, jangan ragu untuk mengikuti resep dan petunjuk yang telah kami berikan. Selamat mencoba!

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *